Berbicara tentanga virus corona sudah pasti tidak asing lagi untuk saat ini, berbagai media memberitakan tentang virus yang satu ini entah itu berita seputar perkembangannya ataupun berbagai perintah menghindarinya. Lalu, apa sebenarnya virus corona itu? Virus corona atau bahasa ilmiahnya severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus berbahaya yang menyerangkan sistem pernapasan manusia.

Virus corona ini merupakan virus jenis baru yang diduga berasal dari hewan yang menular ke manusia. Penyakit yang disebabkan karena virus ini disebut dengan sebutan COVID-19, seseorang yang terjangkit virus corona akan mengalami infeksi paru-paru, gejala ringan pada sistem pernafasan dan gejala berat yang menyebabkan kematian.

Virus corona disebutkan lebih banyak menyerang lansia namun walaupun demikian tentu tidak menutup kemungkinan virus ini juga bisa menyerang siapa saja termasuk orang dewasa, remaja, anak-anak sampai bayi serta ibu hamil dan menyusui. Infeksi virus ini pertama kali ditemukan di China tepatnya di kota Wuhan pada Desember tahun 2019. Penyebaran virus ini memang sangat cepat hingga sampai saat ini hampir semua negara terjangkit virus ini salah satunya yaitu Indonesia.

Berikut Gejala Terserang Virus Corona Yang Harus Diketahui

Hampir semua negara di dunia terjangkit virus corona atau COVID-19 ini sehingga dengan adanya situasi seperti ini negara-negara menerapkan sebuah kebijakan lockdown dimana semua fasilitas umum dan aktivitas diberhentikan untuk sementara waktu dan masyarakat disarankan untuk berdiam diri dirumah menerapkan pola hidup sehat serta menjaga jarak aman. Hal tersebut diterapkan oleh semua negara termasuk Indonesia yang bertujuan untuk memutus penyebarannya.

Walaupun saat ini corona menjadi topik utama disetiap pembicaraan ataupun media, tampaknya banyak sekali orang yang belum mengetahui gejala awal terserang COVID-19. Dikarenakan hal ini sangatlah penting, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas gejala awal virus corona.

Gejala awal infeksi viru ini pada umumnya menyerupai gejala flu dimana si penderita mengalami demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, pilek dan batuk kering dimana gejala ini bisa hilang dengan sendirinya, sembut atau bahkan menjadi lebih parah. Penderita dengan gejala berat biasanya akan mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan batuk darah, nyeri dada dan juga sesak napas dimana jika penderita mengalami gejala ini adalah sebuah reaksi tubuh melawan virus corona.

Nah untuk lebih detail, berikut ini gejala umum yang akan dialami atau dirasakan oleh orang yang terkena virus corona:

  • Batuk kering
  • Demam tinggi diatas 38 derajat celcius
  • Sesak napas

Selain ketiga gelaa ini ada beberapa gejala lainnya yang juga bisa menandakan seseorang terinfeksi virus corona. Walaupun gejala tersebut jarang terjadi namun berikut diantaranya:

  • Konjungtivitis
  • Diare
  • Hilangnya kemampuan mencium bau serta mengecap rasa
  • Sakit kepala
  • Ruam pada area kulit

Gejala-gejala COVID-19 tersebut biasanya akan muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah anda terpapar virus corona. Jika anda mengalami gejala diatas maka segeralah isolasi mandiri dalam 2 mingu terakhir dan konsumsi makanan bergizi yang bisa menyembuhkan gejala diatas. Jika gejalanya semakin buruk dan anda merasa benar-benar tidak kuat maka anda bisa menghubungi petugas medis.

Isolasi mandiri juga tidak hanya berlaku untuk anda yang mengalami gejala diatas melainkan untuk anda yang sudah berpergian dari daerah zona merah. Stay safe dan ikuti semua aturan yang diperintah oleh pemerintah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here